Sistem DSS (Decision Support System)


Pengertian DSS
          Sistem berbasis komputer yang interaktif, yang membantu pengambil keputusan dalam menggunakan data dan model untuk menyelesaikan masalah.

Jenis-jenis Masalah
          Masalah Terstruktur à berulang-ulang, rutin, mudah dipahami, sering diotomatisasi
          Masalah Tidak Terstruktur àTidak berulang dan rutin, Tidak ada model untuk memecahakan masalah ini, Butuh intuisi, Problem yang masih kabur dan cukup kompleks yang tidak ada solusi langsung bisa dipakai
          Masalah Semi Terstruktur à Peraturan yang tidak lengkap, Sebagian structured dan sebagian unstructured

Tahapan DSS
       Tahapan Penelusuran (Intelegence)  = kegiatan untuk mengenali masalah, kebutuhan atau kesempatan
          Tahapan Perancangan (Design) = cara-cara untuk memecahkan masalah / memenuhi kebutuhan
          Tahapan Pemilihan (Choice) = memilih alternatif keputusan yang terbaik
          Tahap Implementasi disertai dengan pengawasan dan koreksi yang diperlukan
                 

Komponen DSS
          Subsistem Manajemen basis data (Data Base Management System)
          Subsistem manajemen basis model (Model Base Management System)
          Subsistem perangkat lunak penyelenggara dialog (Dialog Generation and Management Software)/User Interface

Tujuan DSS
1. Dapat menyelesaikan problem yang kompleks.
2. Sistem dapat berinteraksi dengan pemakainya.
3. Lebih cepat dengan hasil yang lebih baik (terutama dibandingkan dengan pengambilan keputusan secara intuisi).
4. Menghasilkan acuan data untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh manajer yang kurang berpengalaman.
5. Untuk masalah yang berulang, DSS dapat memberi keputusan yang lebih efektif.
6. Fasilitas untuk mengambil data dapat memberikan     kesempatan bagi beberapa manajer untuk     berkomunikasi dengan lebih baik.
7. Meningkatkan produktivitas dan kontrol dari manajer.

Manfaat DSS
            Keputusan yang berkualitas
            Peningkatan produktivitas
            Penghematan waktu
            Peningkatan kepuasan karyawan dan pelanggan

No comments

No comments :

Post a Comment